Belajar Hidroponik Sampai Ke Iblam

/, Kegiatan/Belajar Hidroponik Sampai Ke Iblam

Hidroponik merupakan salah satu media tanam tanpa menggunakan tanah sebagai pertumbuhan tanaman. Penanaman ini merupakan hal baru dalam dunia pertanian, namun banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui cara melakukannya dan apa keuntungannya. Atas dasar rasa ingin tahu mengenai sistem hidroponik, SDIT Miftahul Ulum mengirimkan utusannya sebanyak 10 orang guru untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Tanaman Dengan Sistem Hidroponik di Iblam Edu Garden yang berlokasi di Jalan Raden Sanim, Tanah Baru, Beji, Depok.

Para peserta pelatihan mendapatkan materi seputar hidroponik dari teori, praktik, memanen dan pemasaran. Adapun teori yang diberikan seperti pemaparan mengenai media hidroponik yang digunakan, model-model sistem hidroponik, teknik budidaya hidroponik, dan peluang pasar.

Setelah pemberian materi teori, para peserta diajak praktik langsung ke kebun Iblam Edu Garden. Selama praktik, para peserta didampingi oleh Bapak Asep Agro, SP, selaku Pembina Iblam Edu Garden. Pendampingan dilakukan mulai dari penanaman bibit, menyemai bibit, memindahkan bibit, pemeliharaan tanaman dan memanen tanaman hidroponik. Setelah memanen para peserta diajarkan proses pengemasan hasil panen yang menarik bagi konsumen seperti dalam bentuk buket.

Wakil Kepala SDIT Miftahul Ulum Firza Ardiyanti mengatakan, “Berharap 10 orang guru yang mengikuti Pelatihan Budidaya Tanaman Dengan Sistem Hidroponik di Iblam Edu Garden nantinya yang akan menjadi poros penggerak pengembangan budidaya hidroponik di SDIT Miftahul Ulum”. “Adapun tanaman hidroponik yang sudah dikembangkan berupa sayuran jenis sawi sendok atau lebih dikenal pakchoy dan kangkung. Kami berharap kedepannya tidak hanya jenis sayuran saja yang dikembangkan namun juga tanaman buah-buahan dan tanaman hias”, ungkap Firza.(Hes50)

Praktik Pembibitan

Penen

Pengemasan Hasil Panen

2019-10-16T14:40:50+07:00