INOVASI SANLAT SDIT MIFTAHUL ULUM CINERE

/, News/INOVASI SANLAT SDIT MIFTAHUL ULUM CINERE

Liburan sekolah di akhir  tahun 2019 ini berlangsung sekitar 2 pekan. Siswa masuk kembali untuk belajar di kelas hari Senin, 6 Januari 2020.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang tua murid atau sekolah dalam rangka mengisi liburan. Pada umumnya yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata, pulang ke kampung halaman, bersilaturrahim ke sanak family, atau mengikuti acara pesantren kilat.

SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok mempunyai cara tersendiri yang sangat unik dalam memfasilitasi siswanya menghabiskan masa liburan yaitu menggabungkan kegiatan berwisata, pengenalan olahraga kekinian, outbound, pelatihan wudhu-sholat, tahsin-tahfidz Alquran, dan penanaman nilai keislaman dalam satu konsep acara yaitu Liburan Ceria MU di LafaPark Adventure.

SDIT Miftahul Ulum bekerja sama dengan LafaPark Adventure Cikarang Bekasi Timur dalam penyelenggaraan Pesantren Kilat selama 3 hari (Kamis-Sabtu, 26-28 Desember 2019). Kegiatan ini hanya diberikan kuota untuk 50 peserta mulai kelas 4-6 SD. Alhamdulillah dalam kurun waktu 1 hari kuota 50 peserta langsung penuh.

Peserta berangkat dari SDIT MU hari Kamis, 26 Desember 2019 pukul 7 pagi dengan bus pariwisata setelah dilepas oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Mudzakkir Harun Alrasyid,S.Ag.,M.Pd.

Pukul 9 pagi peserta sudah sampai di lokasi Lafapark Adventure. Setelah rehat sejenak, peserta memulai aktivitas dengan games, pengenalan area, Alquran time, materi keislamaman, dan aktivitas beribadah.

Selama 3 hari peserta mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah dirancang oleh panitia dengan antusias, serius, dan penuh keceriaan. Di antara aktivitas yang dinantikan adalah berenang, memanah, dan berkuda. Peserta juga bebas berkeliling di kebun kurma, delima, zaitun, bidara, dan beberapa tanaman langka lainnya yang tumbuh di Indonesia.

Tidak jauh dari kebun ada kolam pancing yang dipenuhi teratai dan tanaman air lainnya. Ada juga peternakan domba, arena outbound, lapangan futsal, dan sarana permainan anak layaknya di Dunia Fantasi.

Di hari kedua, peserta mendapatkan materi praktik berwudhu dan sholat yang langsung disampaikan oleh Ustadz Abah Suryantara seorang trainer, praktisi pendidikan, dan penulis buku Perbaiki Sholatmu agar Alloh Perbaiki Hidupmu

Dalam 3. hari nyantri, peserta diwajibkan menyetorkan hafalan Alquran surat Ar rahman berdasarkan kelompok  sesuai kemampuan menghafalnya. Bagi peserta terbaik diberikan reward oleh panitia saat penutupan acara.

Testimoni dari 3  orang perwakilan peserta sanlat sangat luar biasa dalam memberikan kesan dan pesannya. Inti yang disampaikan adalah acaranya sangat menarik, bisa berenang, memanah dan berkuda,   mudah menghafal Alquran, bebas bermain di arena outbound, dan bisa memberikan makan domba dan kuda. (Hes50)

 

 

 

2020-01-06T15:26:21+07:00