Kick-Off Vaksin Bersama Miftahul Ulum 2022

/, News/Kick-Off Vaksin Bersama Miftahul Ulum 2022

Kick-off vaksinasi Covid-19 untuk anak baru dimulai akhir tahun lalu dengan rentan usia enam sampai sebelas tahun. Kegiatan perdana vaksinasi dilakukan di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta di SDN 03 Cempaka Putih, Jawa Barat di SDN 01 Depok dan Banten di SDN 03 Rawa Buntu. “Pelaksanaan vaksin untuk anak direncanakan dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak,” Kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat membuka kegiatan perdana vaksiansi anak usia usia enam sampai sebelas tahun di SD Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat.

Wamenkes menekankan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) melalui surat nomor 166/ITAGI/Adm/XII/2021 tanggal 9 Desember 2021 mengenai kajian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun, vaksinasi Covid-19 dapat diberikan kepada anak usia 6 (enam) sampai dengan 11 (sebelas) tahun.

Adapun pelaksanaan vaksinasi SDIT Miftahul Ulum dilaksanakan pada hari Kamis 6 September 2022 dengan bekerjasama dengan UPTD Puskesmas dan Polsek Cinere. Dalam pelaksanaan vaksinasi, siswa dibagi dalam dua gelombang kedatangan guna menghindari terjadinya kerumunan. Gelombang pertama diperuntukan untuk siswa kelas satu sampai kelas tiga dari pukul 08.30 sampai pukul 10.30, selanjutnya gelombang kedua pukul 10.30 sampai pukul 12.00 diperuntukan untuk siswa kelas empat sampai enam,

Pemberian vaksin kepada anak usia enam sampai sebelas tahun dilakukan dengan cara menyuntikan kedalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi dimonitoring langsung oleh H. Abdullah. Saat monitoring H. Abdullah memberikan semangat kepada beberapa siswa yang masih takut untuk divaksin. Menurutnya, ketakutan anak-anak berusia enam sampai tujuh tahun saat harus divaksin adalah hal yang wajar.

Mengingat secara psikologis, kesiapan mental anak-anak orang dewasa yang jelas tidak sama. Oleh karenanya, setiap tenaga kesehatan harus didampingi oleh guru maupun wali murid yang dihadirkan agar anak tidak takut divaksin.

“Untuk pelaksanaan vasksinasi di SDIT Miftahul Ulum diberikan vaksinasi kepada seluruh peserta didik, dari siswa kelas I sampai dengan VI, sebanyak 546 siswa vaksinasi di sekolah” Ujar Dedy Susanto Kepala SDIT Miftahul Ulum.

Lanjut Dedy,” Diharapkan seluruh siswa untuk vaksinasi guna merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian tubuh akan mengenal virus dan mengurangi risiko terpapar, sehingga pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh atau 100 persen SDIT Miftahul Ulum dapat tercapai. Selain itu, vaksinasi guna meningkatkan percaya diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SDIT Miftahul Ulum karena tidak khawatir lagi, inyaallah sudah terlindungi oleh vaksin Covid-19.”

Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi tahap satu hari ini berjalan lancar, tanpa kendala dari awal hingga akhir, meskipun ada siswa yang ditunda karena kondisi kesehatannya belum memenuhi syarat, namun dapat melakukan vaksinasi UPTD Puskesmas Cinere jika kondisi tubuhnya sudah membaik. (Hes50)

2022-01-07T10:35:27+07:00 15 views