Kurban Tanda Cinta: Cinta Allah, Cinta Sesama Saat Pandemi

/, Yayasan/Kurban Tanda Cinta: Cinta Allah, Cinta Sesama Saat Pandemi

Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari raya Umat Islam. Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 Hijriyah bertepatan dengan 20 Juli 2021, dirayakan oleh Umat Muslim di seluruh dunia dalam situasi pandemi. Di Indonesia, masyarakat menyebut hari raya Idul Adha sebagai “Hari Raya Kurban”. Selebrasi hari raya biasanya ditandai dengan takbiran bersama, doa dan tahlil, penyembelihan hewan ternak sebagai kurban, lalu membagikan daging kurban kepada orang yang membutuhkan. Namun pada tahun ini, rangkaian tersebut dilakukan dalam kondisi terbatas dan situasi keperihatinan bersama dalam kondisi PPKM Darurat.

Meskipun dalam kondisi PPKM, Yayasan Miftahul Ulum tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan mengajak civitas akademika untuk berbagi kebaikan di bulan Dzulhijah dengan meneladani kisah Nabi Ibrahim, sehingga terkumpul tiga belas sapi dan enam belas ekor kambing. Guna menjaga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban saat PPKM Darurat tetap kondusif, Yayasan Miftahul  Ulum menerapkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pertama, upaya menghindari kerumunan pada saat penyembelihan hewan kurban di Yayasan Miftahul Ulum, maka kegiatan penyembelihan dilakukan pada hari Tasyrik. Selain itu, untuk untuk para pengkurban yang ingin hadir menyaksikan penyembelihan hewan kurban, diminta untuk konfirmasi kehadiran. Apabila pengkurban tidak dapat hadir, panitia sudah menyiapkan teknologi siaran langsung dalam jaringan guna pengkurban tetap dapat menyaksikan proses penyembelihan hingga penyaluran hewan kurban.

Kedua, kegiatan penyembelihan, pengulitan, pencacahan daging, dan penyaluran daging kurban kepada masyarakat yang berhak menerima, wajib memperhatikan penerapan protokol kesehatan ketat, seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak, penggunaan alat yang tidak boleh bergantian dan bila terdapat panitia kegiatan bersuhu badan 37oC, maka tidak diperkenankan untuk mengikuti kegiatan penyembelihan.

Ketiga, kegiatan penyembelihan hewan kurban hanya dilakukan oleh panitia penyembelihan hewan kurban dan disaksikan oleh orang yang berkurban melalui kurban streaming. Dan keempat, penyaluran daging kurban dilakukan langsung oleh panitia dibantu oleh beberapa koordinator wilayah. Selanjutnya koordinator wilayah yang akan membagikan  secara langsung kepada warga di tempat tinggal masing-masing dari rumah ke rumah guna meminimalkan kontak fisik.

Dari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban saat pandemi, hendaknya sebagai Muslim yang bertakwa, harus tetap berikhtiar memberikan kebaikan kepada sesama walaupun dalam kondisi terbatas dan situasi keperihatinan sepeti saat ini. (Hes50)

2021-07-24T10:56:44+07:00 0 views