SDIT Miftahul Ulum Menjadi Sekolah Ramah Anak

//SDIT Miftahul Ulum Menjadi Sekolah Ramah Anak

DEPOK – Setelah memenuhi berbagai rangkaian kegiatan dan penilaian, akhirnya SD Islam Terpadu (SDIT) Miftahul Ulum yang berlokasi di Jalan Yayasan No. 100, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak, kemarin (19/3).

Deklarasi ditandai dengan penandatanganan secara resmi oleh istri Walikota Depok, Bunda Hj. Elly Farida.

Dalam sambutannya, Bunda Elly ingin jangan sampai penetapan SRA hanya bersifat normatif. Namun seluruh faktor penentu SRA harus diimplementasikan.

“Mudah-mudahan tidak semata-mata habis diresmikan langsung kembali seperti semula. Harus didukung orang tua dengan kegiatan parenting,” kata Bunda Elly Farida.

Bunda Elly melanjutkan, sekolah yang ada di Kota Depok sudah banyak yang ikut membantu menuju Depok sebagai Kota Layak Anak. Hal tersebut dilihat dari kesadaran yang dibangun oleh sekolah, salah satunya dari sisi ramah anak.

“Kalau ramah anak itu kan meliputi kenyamanan yang dialami anak. Di antaranya nyaman dari kekerasan. Hak-hak mereka juga terpenuhi tidak semata-mata pengajaran dan kasih sayang, tapi satu lingkungan yang kondusif,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kasi Pengembangan Kota Layak Anak pada Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), Ibu Intan Yustisiawati mengungkapkan, sebanyak 120 sekolah di Kota Depok sudah dideklarasikan menjadi SRA.

“Tingkat TK hingga SMA. Nggak semua sekolah bisa SRA, tapi harus komitmen dulu. Kalau tidak punya komitmen susah jika ingin bentuk SRA,” kata Intan.

Sekolah yang terpilih menjadi SRA sebelumnya adalah sekolah yang sudah pernah mendapat penghargaan sebagai sekolah adiwiyata dan sekolah sehat.

“Nanti yang pantau bukan cuma Pemkot Depok, tapi oleh Kementerian juga langsung (ikut memantau),” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Miftahul Ulum, Ust. H. Muhammad mengaku  bangga dengan hasil yang dicapai sekolahnya menjadi Sekolah Ramah Anak. Karena sebelumnya, sejak tahun 2016, SDIT Miftahul Ulum sudah banyak mendapat penghargaan.

“Dapat Sekolah Adiwiyata, Kantin Sehat dan Sekolah Sehat. Sekolah kami juga satu-satunya sekolah inklusi di Kecamatan Cinere yang boleh mengajukan SRA,” ucap Ust. H. Muhammad.

Di sela deklarasi, SDIT Miftahul Ulum memperlihatkan enam toilet cantik, kolam ikan hias, dan kandang satwa burung.

“Sebagai SRA, harus ada fasilitas yang menunjang. Maka dari itu, ketiga fasilitas tersebut bisa dikatakan sebagai penunjang untuk siswa nyaman selama di sekolah,” tutup Ust. H. Muhammad. (cr3)

sumber: http://radardepok.com/2018/03/sdit-miftahul-ulum-depok-jadi-sra/

2018-05-09T12:30:06+07:00