SDIT Miftahul Ulum Raih PBKP-KS

//SDIT Miftahul Ulum Raih PBKP-KS

DEPOK – Dalam rentan waktu kurang dari seminggu, SD Islam Terpadu (SDIT) Miftahul Ulum kembali meraih prestasi. Kali ini datang dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Jawa Barat yang memberikan Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah (PBKP-KS), Kamis (22/3) lampau.

Wakil Kepala SDIT Miftahul Ulum Bidang Kurikulum, Muzakkir Harun Al Rasyid mengatakan, piagam bintang satu tersebut merupakan prestasi kedua sekolahnya yang berhasil diraih, dimana pada dua hari sebelumnya Senin (19/3) terpilih sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA).

“Alhamdulillah atas dukungan dari semua pihak, termasuk sekolah, siswa, dan orang tua murid sekolah kami terus-menerus diberikan limpahan rezeki prestasi seperti ini,” kata Muzakkir kepada Radar Depok.

Muzakkir menjelaskan, piagam tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi Badan POM untuk sekolahnya yang sudah menerapkan prinsip keamanan pangan yang meliputi higienitas pengolah pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama dan sanitasi tempat dan perlatannya.

“Semua unsur itu sudah kami terapkan, termasuk kepedulian besar terhadap produk jajanan yang disajikan juga tidak mengandung bahan berbahaya,” jelasnya.

Dalam menjaga kebersihan sekolah, lanjut Muzakkir, pihak sekolahnya memiliki dokter pribadi yang bekerjasama dengan komite sekolah dan pedagang kantin rutin mengadakan evaluasi tentang jajanan yang diperjual belikan di kantin sekolah.

“Minimal sebulan sekali, jadi kalau ada makanan yang dijual tidak sesuai aturannya kami langsung diskusikan dan ditegur,” katanya.

Selain itu, sistem pembelian makanan di kantin SDIT Miftahul Ulum juga tidak menggunakan uang, melainkan dalam bentuk kupon. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari siswa dari penyakit akibat bakteri yang ada di uang.

“Kami menganggap kupon lebih bersih dari uang, jadi setiap siswa mau jajan dikantin mereka harus menukarkan uangnya dulu ke guru untuk ditukarkan menjadi kupon,” ujar Muzakkir.

PBKP-KS merupakan lanjutan dari prestasi yang diraih sekolah sebelumnya yakni Kantin Sehat. Padahal SDIT Miftahul Ulum hanya mendapat juara dua kala itu, namun karena telah menerapkan seluruh elemen yang dibutuhkan akhirnya terpilih menjadi sekolah rujukan.

Sebanyak 22 siswa dan 11 guru dari SD Negeri dan Swasta perwakilan tiap Kecamatan di Kota Depok hadir untuk melakukan studi banding ke ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan kantin SDIT Miftahul Ulum.

“Sebagai bentuk pembuktian, ditambah penilaian UKS kami yang sudah melebihi standar sekolah pada umumnya,” ungkap Muzakkir.

Setelah mendapat piagam tersebut, Muzakkir menyebutkan akan terus meningkatkan lagi kualitas kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekolah, bukan hanya kantin dan uks.

“Kami begini bukan untuk mengharapkan prestasi dari luar, tapi demi menjaga kesehatan untuk anak didik,” tutupnya. (cr3) https://radardepok.com/2018/03/sdit-miftahul-ulum-depok-raih-pbkp-ks/

 

2018-11-21T10:19:27+07:00