Sepercik Embun

/, News/Sepercik Embun

Peringatan Hari Ibu Ke-93 tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Desember 2021, Peringatan Hari Ibu atau Mother’s Day di Indonesia ini berlandaskan kegiatan Kongres Perempuan Indonesia I yang dilaksanakan 22-25 Desember 1928. Konggres tersebut beberapa pekan setelah Kongres Pemuda. Peringatan Hari Ibu tentu memiliki arti tersendiri. Begitu pula dengan yang dirasakan oleh kita semua sebagai generasi muda penerus perjuangannya. Hari Ibu sebagai kebangkitan persatuan dan kesatuan gerak perjuangan perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa Indonesia. Karena hari ibu merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan kaum  perempuan   Indonesia.

Makna   peringatan   Hari   Ibu   sebagai  upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu hadir berdasarkan Keputusan Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional. Walapun demekian, peringatan Hari Ibu bukan sebagai tanggal merah dan tidak termasuk hari libur nasional.

Atas dasar inilah, SDIT Miftahul Ulum menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati hari Ibu. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah dan meningkatkan rasa kekeluargaan, kebersamaan, dan kekompakan bersama ibu dan teman. Meningkatkan kreatifitas dan menyalurkan bakat siswa secara aktif dan menanamkan kesadaran terhadap siswa-siswi terhadap pengorbanan seorang ibu. Tahun ini, peringatan Hari ibu mengangkat tema “Sepercik Embun di MU” (Semarak Persembahan Cinta Kasih Semesta untuk Bunda).

Kegiatan Sepercik Embun di MU terdiri dari beberapa kegiatan perlombaan, pertama lomba kuliah tujuh menit dengan tema berbuat baik kepada orang tua menggunakan bahasa inggris atau bahasa arab, perlombaan kedua adalah puisi dengan tema persembahan untuk ibu dan yang terakhir lomba vlog kreativitas bersama ibu. Pelaksanaan Kegiatan Sepercik Embun dilakukan dalam jaringan dengan melibatkan seluruh siswa dari kelas satu sampai kelas enam. Dalam peringatan Hari Ibu, para siswa memberikan secara langsung kartu ucapan selamat Hari Ibu kepada bundanya masing-masing. Peristiwa pemberian kartu ucapan ini menjadi lebih istimewa, karana dibuat sendiri oleh para siswa.

Peringatan Hari ibu mendapatkan respon positif dari orang tua murid, salah satunya Bunda Haura, siswa kelas enam yang menjadi pemenang pertama lomba vlog. “Menurut saya kegiatan Hari Ibu kemarin sangat baik, membantu siswa mengungkapkan isi hatinya dan membangkitkan kedekatan antara ibu dan anak, walaupun tiap hari dirasa tidak mengurangi rasa kasih dan sayang satu sama lain tetapi dimoment itulah, kami sebagai seorang ibu bisa melakukan introspeksi atas apa yang dikeluhkan oleh anak-anak, mungkin kami terlalu cuek, galak, suka nyuruh dan atau sebagainya. Mendengarkan apresiasi anak-anak terhadap pengorbanan dan apa yang dilakukan ibunya, moment  itu juga melatih anak untuk bisa berbicara menyampaikan apa yang dirasa sehingga anak berani bicara di depan umum, semoga Allah ridha dengan segala kebaikan yangg dilakukan, dan mengampuni segala salah dan khilaf,” ujar Bunda Haura. (Hes50)

2021-12-24T12:58:37+07:00 104 views