TIGA GURU SDIT MU TERBAIK DI BIMTEK SIAP MERDEKA BELAJAR

//TIGA GURU SDIT MU TERBAIK DI BIMTEK SIAP MERDEKA BELAJAR

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD Swasta Kota Depok baru saja menggelar Kegiatan Siap Merdeka Belajar. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 zona yaitu zona timur dan barat. Untuk zona timur  diikuti oleh sekolah SD Swasta di Kecamatan Cilodong, Tapos, Cimanggis, Pancoran Mas, dan Sukmajaya. Sedangkan zona barat diikuti oleh Kecamatan Cinere, Limo, Sawangan, Bojongsari, Beji, dan Cipayung.

Setiap zona dilaksanakan selama 3 hari. Untuk zona timur dilaksanakan di Balai Kinasih Tapos dan zona barat di P4TK BISPAR Sawangan hari Senin-Rabu, 2-4 Maret 2020. Jumlah peserta setiap zona berkisar 90 – 100 peserta.

Kegiatan  Siap Merdeka Belajar ini dipimpin langsung oleh Bunda Hj.Ijah Sofia,M.Pd. (Koordinator Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Kota Depok) bersama 13 tim terbaiknya.

Ketua MKKS SD Kota Depok, Asep Koswara menyatakan bahwa guru SD Swasta Kota Depok siap melaksanakan Ujian dan membuat soal mandiri usai mengikuti pelatihan. Kami juga siap menyampaikan kembali materi pelatihan ini kepada teman guru di sekolah masing-masing.

Pelatihan selama 3  hari dimaksudkan untuk memberikan  bimbingan teknis dan pendampingan perangkat ujian guru kelas 6 SD swasta di Kota Depok. Dalam bimbingan teknis dan pendampingan, para peserta dibagi menjadi 5 kelompok mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Setiap mata pelajaran diberikan bimbingan teknis secara detail dari mulai menentukan Kompetensi Dasar (KD), gradasi KD, pembuatan kisi-kisi soal, analisis soal, penentuan soal, telaah soal, dan uji publik di depan peserta.

Para peserta sangat antusias dan rela menyelesaikan tugas kelompok dan tugas individu hingga larut malam. Di hari ketiga ada uji publik soal dari setiap masing-masing mata pelajaran dan diumumkan peserta terbaiknya.

Dalam acara penutupan ditegaskan kembali oleh pembicara dan panitia bahwa para peserta harus melanjutkan kembali tugas membuat perangkat ujian di sekolah masing-masing. Sebelum acara ditutup, Bapak Marwanih, M.Pd. mewakili tim pendampingan mengumumkan peserta terbaik dari setiap mata pelajaran.

Dari lima mata pelajaran yang diumumkan, peserta dari SDIT Miftahul Ulum Cinere mampu meraih 3 mata pelajaran terbaik yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (Ani Rahmawati), Ilmu Pengetahuan Sosial (Febrianto D Cahyono), dan Pendidikan Kewarganegaraan (Mudzakkir Harun Alrasyid).

Kabar gembira ini disambut baik oleh Kepala Sekolah SDIT MU, Dedy Susanto dan segenap pengurus yayasan. Kami bangga dan bersyukur atas prestasi yang telah diraih oleh 3 orang guru kami. Semoga mereka nantinya mampu menyampaikan ilmunya kepada para guru, ungkap Dedy.(mdzkr)

 

2020-03-05T11:50:05+07:00