Wisuda di Tengah Pandemi

/, News/Wisuda di Tengah Pandemi
Awal tahun 2020 merupakan tahun yang tidak biasa dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan new normal dalam segala lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Salah satunya adalah penyelenggaraan wisuda.
SDIT Miftahul Ulum yang beralamat di Jalan Musholla At-Taqwa, Gandul, Cinere, Depok menyelenggarakan wisuda  121 siswa dengan cara virtual dan drive thru dengan memilih tema Korea. Penyelenggaraan wisuda selama dua hari (22-23/6) ini telah mengantongi izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tutur Dedy Susanto Kepala SDIT Miftahul Ulum. Rangkaian kegiatan seremonial dilakukan secara virtual  pada Senin, 22 Juni.
Penerapan protokol kesehatan menjadi acuan pelaksanaan kegiatan wisuda, mulai dari menggunakan masker ataupun faceshield, cek suhu badan dengan thermal gun, cuci tangan dengan sabun, penggunaan hand sanitizer, dan tetap jaga jarak atau physical distancing. Tidak hanya itu, lokasi diadakan wisuda juga disterilkan dengan cairan disinfektan sebelum dan setelah kegiatan.
Pihak sekolah telah merancang kegiatan ini dengan sedemikian rupa guna menghindari kerumunan dan tetap jaga jarak. Salah satunya membagi kedatangan siswa kedalam beberapa sesi sehingga tidak mengumpulkan masa yang banyak dalam satu rungan. Siswa yang datang bersama wali murid wajib memakai masker, lalu langsung dicek suhu menggunakan thermal gun, cuci tangan dengan sabun, dan tetap jaga jarak atau physical distancing. Selanjutnya wisudawan naik ke atas panggung untuk dikalungkan medali oleh Kepala Sekolah sebagai tanda kelulusan. Berlanjut dengan foto prosesi wisuda bersama wali murid.
“Meskipun dilakukan secara virtual dan drive thru, para siswa cukup senang dengan prosesi wisuda ini. Mereka memaklumi karena kondisi pandemi Covid-19, mengakibatkan prosesi kelulusan tidak bisa dselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Para siswa sudah cukup senang bisa wisuda, bertemu guru-guru dan teman-teman, walaupun tidak bisa berlama-lama,” kata Febry salah satu guru kelas 6.
“Dengan situasi yang masih belum aman untuk acara wisuda dan perpisahan, Miftahul Ulum tetap mengupayakan setiap murid mendapat kenangan yang terbaik,’’ungkap Rani Annisa dalam akun sosialnya.(Hes50)
2020-06-24T15:33:38+07:00